Jumat, 03 September 2010 | By: kiri.the.punk

Virus

Virus merupakan suatu program komputer yang memiliki kemampuan untuk merusak file atau merusak sistem komputer.
Virus memiliki berbagai jenis dan mempunyai cara kerja yang berbeda-beda,
Berikut Jenis-jenis virus dan cara kerja masing-masing virus :
1. Virus File
Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi aplikasi atau dokumen yang ada dalam komputer anda.
Saat aplikasi yang terinfeksi tersebut dijalankan, maka virus ini akan menyebar dengan cara menginfeksi semua file atau dokumen yang diakses oleh aplikasi tersebut.
2. Virus Boot Sector
Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi boot sector harddisk (boot sector merupakan sebuah daerah dalam hardisk yang pertama kali diakses saat komputer dihidupkan).
Jika virus boot sector ini aktif, pengguna tidak akan bisa membooting komputernya secara normal.

Download Antivirus dan Update Antivirus


Download Antivirus dan Update Antivirus yang Gratis
1. Avira AntiVir PersonalEdition Classic
Avira AntiVir Avira menawarkan software anti virus yang lengkap dan gratis. Software ini juga dilengkapi perlindungan terhadap virus, trojans, backdoor program, worm, dan lain-lain.
2. AVG Free Edition
AVG dilengkapi dengan resident shield, email scanner, anti virus/trojan. Tidak berat dijalankan di komputer.

Tools Untuk Menganalisa Suatu Virus

VirusVirus-virus yang tersebar di internet semakin hari bertambah banyak sehingga banyak perusahaan-perusahaan penyedia antivirus seperti kaspersky, McAffe, Norton dan sebagainya berlomba-lomba membuat antivirus yang sangat ampuh.
Pembuatan suatu antivirus sendiri tentunya tidak bisa lepas dari pengenalan virus itu sendiri. Kita harus menganalisa cara kerjanya, apa saja yang mampu di perbuat oleh virus itu, apa saja yang diinfeksi dan sebagainya.
Untuk melakukan analisa suatu virus biasanya membutuhkan tool-tool yang dapat menganaliasa suatu virus secara mendetail dan cepat.
Berikut terdapat beberapa tools yang dapat anda gunakan untuk menganalisa suatu virus.



1. Malcode Analysis Pack
(http://labs.idefense.com/software/download/?downloadID=8)
Tool ini terdiri dari bermacam-macam aplikasi yang dapat membantu anda menganalisa suatu malcode.
Contohnya seperti ShellExt, socketTool, fakeDNS, Sheilcode2Exe dan sebagainya.

Jumat, 15 Januari 2010

5 Aplikasi Antivirus Yang Cukup Digemari



Virus komputer semakin banyak jenisnya dan semakin macam cara mereka menginfeksi komputer. Jika anda tidak menggunakan sebuah software antivirus, coba lihat 5 software yang cukup populer digunakan untuk melindungi komputer anda.

Avast! (Windows/Linux, Basic: Gratis, Premium $39.95 per tahun)

Sudah 21 tahun diciptakan, Avast! adalah pemain lama dalam pasar software antivirus. Avast! telah membangun sebuah fondasi kuat pada filosofi mereka dengan menawarkan perlindungan virus yang dapat diandalkan dan efektif secara gratis untuk pengguna rumahan. Sebagai tambahan, Avast! menawarkan sebuah variasi modul perlindungan yang mencakup berbagai aspek dari komputer anda seperti instant messaging, e-mail, aplikasi P2P, dan banyak lagi.

Minggu, 10 Januari 2010

Update Antivirus

allanvir

Untuk lebih menjaga keakuratan pendeteksian terhadap virus baru yang beredar tentunya update database antivirus merupakan salah satu cara yang wajib dilakukan. Karena memang tiap hari banyak muncul varian virus baru, yang tentunya jika database virus gak diupdate, komputer tidak akan mendeteksi virus baru sebagai virus, sehingga kita akan sia-sia menginstal antivirus tersebut.

Bagi anda yang selalu online tentunya gak ada masalah untuk mengupdate secara rutin antivirus yang anda miliki, karena biasanya antivirus akan melakukan update otomatis. Namun bagi anda yang tidak bisa online, maka salah satu jalan adalah anda mendownload update database virus terbaru dari masing-masing vendor antivirus, kemudian mengupdatenya secara manual ke komputer anda.
Untuk mempermudah anda dalam mendownload update bebebrapa antivirus yang banyak digunakan, berikut ini saya berikan link-link updatenya :
Semoga bermanfaat :) 
dari akhdian.net

0 komentar:

Posting Komentar